Disdukcapil | Kota Padang

  • Jl. Jend. Sudirman No.1

  • 0751 - 28814

  • disdukcapil@padang.go.id, dinascapilpdg@gmail.com

.:: PENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN MUDAH!!!, URUS SENDIRI DAN HINDARI MENGGUNAKAN JASA CALO.... ::.     -    .:: CALO DILARANG MASUK!!! ::.     -    

Akta Kelahiran

Persyaratan Akta Kelahiran


  • Surat Keterangan Kelahiran dari dokter/bidan/RS/Penolong Kelahiran
  • Fotocopy Legalisir KK dan KTP orang tua bagi WNI dan orang asing pemegang ijin Tinggal Tetap
  • Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) bagi Pemegang Ijin Tinggal Terbatas
  • Berita Acara Pemeriksaan Kepolisan tentang ditemukannya bayi yang tidak diketahui asal usulnya/keberadaan orang tuanya
  • Fotocopy buku nikah/Akta Perkawinan Legalisir rangkap 1 (satu) dan menunjukkan aslinya
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Fotocopy KTP Orang Tua
  • Fotocopy Paspor/KITAP/KITAS rangkap 1 (satu) bagi anak hasil perkawinan campur


Sistem, Mekanisme dan Prosedur


  • Masyarakat menyampaikan kelengkapan berkas kepada petugas pendaftaran/front office (FO) untuk diteliti (verifikasi/validasi) kelengkapan dan kebenaran berkasnya, jika sudah lengkap dengan benar, data diinput oleh petugas operator ke Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), dicetakan draft akta dan buku registernya dan diregistrasi. Pengurusan akta kelahiran terlambat yang masih dikenai sanksi/denda diberikan Tanda Bukti Pembayaran (TBP) oleh Kasir.
  • Selanjutnya verifikasi/validasi draft akta oleh Kasi masing-masing bersangkutan
  • Diserahkan ke Kabid untuk di paraf dan selanjutnya dimohonkan persetujuan Kadis untuk ditandatangani/usulan TTE
  • Pengurusan dokumen Pencatatan Sipil tidak boleh diwakilkan/dikuasakan
  • Dalam hal persyaratan dokumen Nikah dan Surat Keterangan Kelahiran tidak ada, sesuai Permendagri Nomor9 Tahun 2016 dapat dibuatkn SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak)
  • Kepala Dinas menandatangani / TTE semua dokumen yang sudah diverifikasi/validasi oleh Kasi dan Kabid
  • Petugas akan memberikan Stempel Pejabat Pencatatan Sipil pada dokumen yang telah ditandatangani Kadis, dan juga stempel pada surat keterangan kelahiran yang asli dan diberikan penomoran tanggal dan register pendaftaran, selanjutnya diserahkan pada masyarakat bersamaan dengan akta kelahirannya, yang diserahkan pada loket pengambilan dengan menandatangnani buku pengambilan akta
  • Petugas yang ditugasi untuk pemilahan arsip memilah dan menyusun arsip persyaratan dan buku register untuk dijilid dan diserahkan ke Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan.


Jangka Waktu Pelayanan

  • Paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak diterimanya persyaratan dengan lengkap


Biaya/Tarif

  • Pengurusan Akta Baru Lahir (enam puluh hari) sejak kelahiran adalah GRATIS
  • Untuk keterlambatan pengurusan akta kelahiran melampau enam puluh hari kerja masih dikena sanksi atau denda keterlambatan sesuai dengan Perda Nomor 03 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.